Yuk Cari Barang Antik kesukaanmu disini

Selasa, 07 Januari 2014

Keris Berluk 5




 Cacat: Ada retakan di kayu warangka

Harga Rp.400.000 ( Sudah Ongkir P.Jawa )
Kondisi: secara keseluruhan keris ini utuh namun ada retakan di bagian warangkanya.

Keris berluk 5 ini mempunyai panjang 33 Cm dari ganja sampai ujung keris dan panjang total 43 Cm dari ujung bawah kayu peganganya ke ujung keris.
 Sold Out
( Bp. Ksrn,Solo.Thanks )

       Keris ber-luk, selain sebagai senjata penusuk, bentuk luk-nya juga berguna dalam menangkis senjata lawan, tidak mudah patah bila berbenturan / menangkis senjata lawan, dan menghasilkan luka sobekan yang lebih lebar dan lebih parah bila berhasil menusuk lawan. Yang terakhir ini sering tidak disadari oleh kebanyakan orang, karena secara filosofis jawa, hal demikian memang tidak pantas diutarakan. Jadi oleh empu pembuatnya, bentuk luk keris memang dibuat dengan tujuan lain yang tersembunyi, bukan hanya sebagai bentuk pemanis.Pada jaman kerajaan dahulu, keris ber-luk 5 hanya boleh dimiliki oleh raja, pangeran (keluarga raja), bupati dan adipati. Selain mereka, tidak ada orang lain yang boleh memiliki atau menyimpan keris ber-luk 5. Demikianlah aturan yang berlaku di masyarakat perkerisan jaman dahulu. Keris ber-luk 5 hanya cocok dimiliki oleh orang-orang yang memiliki keturunan raja, memiliki kemapanan sosial dan menjadi pemimpin di masyarakat.
       Biasanya keris ber-luk 5 dibuat untuk tujuan memberikan tuah kekuasaan dan wibawa dan supaya dicintai banyak orang. (Blog Galeri Keris dan Pernak-Pernik)
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar